Thursday, July 18, 2024
HomeCelebrityMusisi-Musisi Luar Genre Musik EDM

Musisi-Musisi Luar Genre Musik EDM

Martin Garrix
Martin Garrix

Musisi-Musisi Luar: Mengenalkan Modern Genre Musik EDM di Indonesia

Dalam era digital saat ini, musik elektronik dance (EDM) menjadi salah satu genre musik yang semakin populer di Indonesia. Hal ini tak lepas dari hadirnya musisi-musisi luar negeri yang memperkenalkan musik EDM ke pendengar di tanah air. Siapa saja musisi-musisi tersebut dan bagaimana mereka mempengaruhi musik EDM di Indonesia? Simak ulasan berikut ini berdasarkan Lagi Viral.

Marshmello
Marshmello merupakan musisi EDM yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dikenal dengan topeng marshmellow yang selalu dipakainya, Marshmello sering tampil di berbagai festival musik di Indonesia. Beberapa lagunya yang paling terkenal di Indonesia antara lain “Alone” dan “Silence” yang dibawakan bersama penyanyi ternama Khalid.

Baca juga : Musisi Luar Genre Musik Pop

Martin Garrix
Musisi asal Belanda, Martin Garrix juga tidak asing di telinga penikmat musik EDM di Indonesia. Ia dikenal dengan lagu hitsnya “Animals” yang meledak di seluruh dunia pada tahun 2013. Martin Garrix juga pernah tampil di beberapa festival musik besar di Indonesia seperti Djakarta Warehouse Project dan We The Fest.

The Chainsmokers
The Chainsmokers merupakan duo musisi EDM asal Amerika Serikat yang telah meraih banyak penghargaan di industri musik. Beberapa lagunya yang cukup populer di Indonesia antara lain “Closer” dan “Don’t Let Me Down”. Duo ini pernah tampil di Indonesia pada tahun 2017 dan meraih sambutan hangat dari penonton.

Zedd
Zedd adalah musisi EDM asal Jerman yang juga dikenal di Indonesia. Ia pernah merilis lagu bersama penyanyi asal Indonesia, Raisa Andriana yang berjudul “Hingga Akhir Waktu”. Zedd juga sering tampil di Indonesia dan menjadi salah satu musisi yang digemari oleh penggemar musik EDM di tanah air.

Skrillex
Skrillex adalah musisi EDM asal Amerika Serikat yang juga telah menginspirasi banyak musisi EDM di Indonesia. Beberapa lagunya yang paling terkenal di Indonesia antara lain “Bangarang” dan “Scary Monsters and Nice Sprites”. Skrillex pernah tampil di Indonesia pada tahun 2012 dan sukses menyedot perhatian penggemar musik EDM di tanah air.

Dari kelima musisi tersebut, dapat dilihat bahwa musik EDM di Indonesia cukup dipengaruhi oleh musisi-musisi luar negeri. Meski begitu, Indonesia juga memiliki banyak musisi EDM lokal yang tidak kalah hebat seperti Dipha Barus, Raisa Andriana, dan Rich Brian. Semua musisi ini membuktikan bahwa musik EDM tidak mengenal batasan negara atau budaya.

Kesimpulan
Musisi-musisi luar seperti Marshmello, Martin Garrix, The Chainsmokers, Zedd, dan Skrillex telah memperkenalkan musik EDM di Indonesia dan mempengaruhi perkembangan genre musik ini di tanah air. Dengan semakin populernya musik EDM di Indonesia, diharapkan akan semakin banyak musisi lokal yang bisa menjaga kualitas dan terus berkarya dalam genre musik ini. Tentunya, hal ini akan semakin meningkatkan kualitas industri musik di Indonesia secara keseluruhan.

Namun, tidak hanya musisi EDM luar negeri yang mempengaruhi musik EDM di Indonesia. Musisi-musisi lokal juga turut memperkaya genre musik ini dengan berbagai karya yang menarik. Mereka berhasil menggabungkan elemen musik tradisional Indonesia dengan unsur-unsur musik EDM yang modern.

Contohnya, Dipha Barus berhasil menggabungkan suara gamelan dalam lagunya yang berjudul “No One Can Stop Us”. Sementara itu, Raisa Andriana bekerjasama dengan Zedd dalam lagu “Hingga Akhir Waktu” yang menggabungkan unsur-unsur pop dengan EDM. Rich Brian pun sukses membawa musik hip-hop dan trap ke ranah EDM melalui lagunya yang berjudul “Love in My Pocket”.

Dalam konteks ini, musik EDM di Indonesia semakin berkembang dan terus mengalami evolusi. Semakin banyak musisi lokal yang berani berkreasi dengan genre musik ini, semakin menambah keragaman dan kekayaan dalam industri musik Indonesia.

Kesimpulan
Musik EDM di Indonesia semakin populer dan terus berkembang seiring dengan hadirnya musisi-musisi luar negeri yang memperkenalkan genre musik ini. Marshmello, Martin Garrix, The Chainsmokers, Zedd, dan Skrillex adalah beberapa musisi luar yang berhasil mempengaruhi perkembangan musik EDM di Indonesia. Namun, tidak hanya musisi luar yang mempengaruhi, musisi-musisi lokal seperti Dipha Barus, Raisa Andriana, dan Rich Brian juga turut memperkaya genre musik ini dengan karya-karya yang menarik. Semakin banyak musisi lokal yang berkreasi dengan genre musik ini, semakin menambah keragaman dan kekayaan dalam industri musik Indonesia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments